KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Ngopi adalah salah satu ritual minum yang bisa dibilang sederhana juga kadang dibilang ribet untuk sebagian orang, terutama untuk menikmati kopi seperti single origin dengan berbagai metode penyeduhan, cappucino dengan latte art yang begitu menawan hingga untuk menikmati ekstrak kopi yaitu esspresso.
Kali ini bukan bercerita tentang metode penyeduhan, tentang macam-macam biji kopi, tentang karakter kopi dari berbagai daerah, kali ini kedhanakedhinicoffee.com ingin berbagi cerita tentang pengalaman ngopi yang menyenangkan. Bukan karena kopi yang istimewa, melainkan pemandangan, suasana dan bersama siapa menikmati kopi tersebut.
Cerita kali ini ketika penulis berkunjung ke salah satu tempat yang mungkin sudah tak asing lagi bagi temen-temen yang berdomisili atau kuliah di Semarang, sebuah tempat yang menawarkan panorama alam yang sungguh sejuk dan cocok untuk menikmati secangkir kopi dan ngobrol santai maupun ngobrol serius tentang pelaminan bersama pasangan anda ( yang terakhir tadi bukan pengalaman penulis, hanyalah bumbu dalam penulisan ), namanya Pondok Kopi. Lokasi Pondok Kopi dekat dengan kawasan Umbul Sidomukti dan jalur pendakian Gunung Ungaran, tepatnya yaitu di Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jika kita dari Kota Semarang, untuk menuju lokasi, yang perlu dicari pertama adalah arah menuju Bandungan, kemudian cari Pasar Jimbaran, setelah melewati pasar, ada pertigaan yang di situ tertera petunjuk arah bertulis “Umbul Sidomukti”. Jika sudah masuk jalur kecil tersebut, berhati-hatilah karena jalan menuju lokasi Pondok Kopi cukup menanjak dan pasikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan sehat.

Jika akan berkunjung ke Pondok Kopi, ekspektasi kalian tentang penyajian kopi di sana yang nantinya semacam kedai kopi masa kini harap-harap dibuang. Di sana menu kopi yang disajikan belum seperti di kedai-kedai kopi masa kini, dan kalau boleh jujur, kopi yang disajikan biasa-biasa saja. Namun bukan itu goal dari niat mendatangi Pondok Kopi, menikmati pemandangan dan suasana yang sejuk adalah menu spesial yang ditawarkan oleh Pondok Kopi, yang mungkin tidak ada di daftar menu namun bisa kita nikmati secara cuma-cuma di sana.

Kopi itu tak selamanya tentang kesempurnaan, menikmati kopi adalah bagian penting dalam ritual ngopi, jadi bagaimanapun kopi yang ada, jika dinikmati dengan suasana yang nyaman, dengan orang yang nyaman pula maka kenikmatan ritual ngopi tersebut bisa dikatakan sempurna.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *