KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Temen-temen di rumah pernah denger istilah manual brewing ? Jika belum pernah dan belum mengerti tentang manual brewing, kami akan mencoba menuliskan di sini terlebih dahulu. Menurut sepengetahuan kami, menurut kesimpulan dari beberapa referensi yang kami temukan, bahwasanya manual brewing adalah proses penyeduhan kopi dengan menggunakan alat-alat manual tanpa bantuan mesin, tak seperti saat pembuatan espresso, pembuatan espresso menggunakan tenaga otomatis mesin yang sudah di atur sedemikian rupa oleh si pembuat mesin tersebut, manual brewing lebih ada interaksi antara kopi, alat seduh dan penyeduh kopi, jadi prosesnya lebih terasa dan lebih bisa dinikmati dan lebih panjang untuk diceritakan. Beberapa contoh manual brewing diantaranya adalah pour over, yaitu menggunakan alat seperti v60 dripper, kalita dan beberapa jenis alat dripper lainnya. 
v60 dripper & server – sumber gambar : theroasterspack.com
Nah metode pour over menggunakan alat yang bernama v60 drip ini merupakan salah satu cara menyeduh kopi yang cukup digemari oleh penikmat kopi, ritual ngopi yang satu ini menjadi salah satu medote seduh yang kami suka juga, bisa dibilang ini favorit kami kedhanakedhinicoffee.com . Metode penyeduhan pour over mengguakan v60 drip ini masuk dalam kategori manual brewing, prosesnya manual, seperti yang sudah kami tuliskan sebelumnya bahwa manual brewing ini melibatkan banyak perlakuan dari penyeduh, interaksi antara penyeduh, air, alat dan kopi cukup banyak, prosesnya pun beragam, itu nanti tergantung si penyeduh, mulai dari takaran seberapa banyak kopi atau istilah kerennya gramasi, kemudian suhu air berapa derajat, lalu berapa banyak air yang dituang untuk menyeduh dan banyak lagi gaya-gaya seduh sesuai dengan karakter si penyeduh tersebut.

Bagaimana cara menyeduh kopi menggunakan v60 ?

Ini pertanyaan yang sering kami dengar, kami pun mencoba menjelaskan sedikit demi sedikit, secara bertahap mungkin bisa kami tuliskan seperti berikut ini :
  • Siapakan kopi yang sudah menjadi serbuk, gelas, v60 drip, paper filter untuk v60, air mendidih, kettle (ceret), thermometer, timbangan / sendok ukur ( tidak semua perlengkapan harus ada, namun semakin lengkap semakin baik ).
  • Taruh v60 drip di atas gelas
  • Taruh paper filter di v60 drip
  • Basahi paper dengan air panas
  • Buanglah air bekas untuk membasahi paper tadi
  • Masukan serbuk kopi ke atas paper filter
  • Tuang air perlahan ( fungsi termometer adalah untuk menentukan apakah air sudah saatnya dituang atau belum, tergantung suhu yang di inginkan, biasanya antara 85-92 derajat celcius )
  • Setelah dituang air, tunggu air menetes perlahan, jika sudah dirasa cukup sesuai yang diinginkan maka kopi sudah siap untuk dinikmati
Metode pour over menggunakan v60 drip ini bisa kita nikmati di rumah sembari menikmati prosesnya. Rasakan sensasi ngopi ala cafe di rumah, sembari duduk manis mengerjakan tugas atau bahkan bersantai ria bersama kekasih atau keluarga di rumah. Menggunakan metode pour over v60 drip ini cukup mudah, jika masih bingung atau belum juga punya gambaran, temen-temen bisa melihat beberapa tutorial di youtube, cukup banyak content creator yang membuat video tentang pour over v60 drip, jadi tidak ada alasan untuk belajar, semuanya bisa dilakukan ketika kita mau belajar, kamipun juga selalu belajar untuk menambah wawasan, menambah pengetahuan tentang kopi, juga tak kalah penting adalah mencoba, praktek, karena kopi itu tidak melulu tentang teori, praktek sangat mendukung untuk menemukan karakter yang kita inginkan. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, sampai jumpa di tulisan-tulisan lainnya.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *