KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Ratanmba, bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing, bahkan untuk masyarakat Banjarnegara sendiri, daerah ini masih jarang terdengar, entah karena faktor jarak atau memang belum berjodoh sehingga belum bisa saling kenal.
Tahun 2016 kopi Banjarnegara mulai menjadi kopi yang punya kualitas bersaing dan juga mulai banyak hasil panen dari beberapa kelompok tani yang ada. Kopi Banjarnegara terutama kopi dari daerah Ratamba ini mulai banyak di buru mulai dari penikmat kopi hingga tengkulak kopi. 
gambar : google map
Ratamba jika dilihat dari peta lokasinya cukup dekat dengan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Ratamba untuk melihat perkebunan kopi milik warga dan tentunya untuk memborong kopi Ratamba baik dari petani langsung maupun lewat beberapa penjual baik penjual offline maupun online yang saat ini sudah begitu mudah ditemukan. Ratamba terletak di Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, bisa di akses melalui beberapa jalur baik dari kota Banjarnegara maupun dari Kota Wonosobo.


Kopi Arabika Ratamba Karakternya Seperti Apa ?

Pertanyaan tersebut beberapa kali terlontar dari teman saya ketika sedang berbincang seputar kopi Arabika Ratamba tersebut. Jawaban pasti yang selalu saya ungkapkan adalah “Ratamba enak !, kamu harus coba”, jawaban sederhana yang membuat penasaran untuk mencicipi bagaimana karakter kopi Ratamba tersebut, mungkin jika kalian bertemu orang yang tepat, misal bertemu dengan barista atau pakar kopi yang memang paham tentang kopi mulai dari aroma, rasa, body, after taste dan lain sebagainya, kalian akan mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan, namun kurang beruntungnya mereka yang sudah bertemu saya dan menanyakan karakter kopi Arabika Ratamba ini.
Penasaran dengan kopi Arabika Ratamba ? kalian perlu coba, rasakan sendiri sensasi kopi dari Kabupaten Banjarnegara, semoga berkenan di hati, di lidah dan tentunya di kantong, karena kopi Arabika Ratamba masih sangat terjangkau harga jualnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *