KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Single Origin, menurut sepemahaman saya tentang single origin kopi adalah kopi murni tanpa campuran apapun, kemudian single origin bisa menjadi istilah untuk menyebut nama kopi itu ketika cara menikmatinya secara utuh tanpa campuran gula, susu, madu atau lain-lain bahkan tidak sama sekali mencampur kopi dengan beras atau jagung saat pengolahan (pemanggangan / roasting ).
Jadi misal kopi dari Bali daerah Kintamani maka biasanya orang menyebut dengan sebutan Single Origin Arabica Kintamani, begitu juga dengan kopi-kopi lain yang secara proses dan cara menikmatinya original tanpa bahan campuran. 
foto : http://www.organicauthority.com

Kapan Pertama Kali Minum Kopi Single Origin ?

Nah untuk pengalaman minum kopi single origin sekitar tahun 2010 ketika mendapat oleh-oleh kopi Kintamani dari saudara yang berlibur ke pulau Dewata, Pulau Bali. Pengalaman pertama mencoba karena mendapat sugesti dari saudara dengan statement “mau nyoba kopi yang sesungguhnya itu kopi jangan pakai gula” nah dari situ tertantang untuk mencoba minum kopi tanpa gula, pengalaman pertama tentunya masih sungguh belum bisa menikmatinya. Kemudian setelah itu masih belum bisa menikmati kopi yang notabene single origin. 
Selang beberapa tahun sekitar tahun 2014 mulai kenal beberapa orang yang suka menikmati kopi single origin, mulai kenal vietnam drip, v60 dripper, aeropress, syphon hingga rokpresso dan mesin espresso. Mulai senang datang ke kedai kopi, menikmati kopi, liat barista ( penyeduh kopi ) menjalankan ritual aksi menyeduh kopi dengan gaya bahasa masih awam untuk peminum kopi awam seperti saya ini, seperti kata body, aftertaste, bitter, crema dan lain sebagainya, menjadikan saya tertarik untuk membaca artikel tentang kopi, belajar tentang kopi dan mencoba membeli dan menggunakan peralatan seduh kopi yang bisa terjangkau seperti vietnam drip & v60 dripper.

foto : http://www.stonecreekcoffee.com
Begitulah kiranya cerita singkat perkenalanku dengan single origin kopi, kalau kalian bagaimana ? boleh juga komentar pengalaman pertama kalian minum single origin kopi, jika berkenan juga boleh kirim tulisanmu tentang pengalaman pertama minum kopi single origin ke email kami, kami tuliskan di blog sederhana ini untuk berbagi pengalaman dengan yang lain.


Hormat Saya Ian Alam Sukarso

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *