KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Beberapa hari lalu, kami main ke Jogja bagian selatan, tepatnya di kawasan bantul. Kami sempatkan berburu tempat ngopi untuk menambah wawasan dan pengalaman, akhirnya kami tiba di Pour Over Coffee Jogja.

Lokasinya cukup masuk gang, sehingga kami butuh beberapa waktu untuk mencari lokasi kedai kopi bernama Pour Over Coffee ini, beruntung kami dibantu ponsel pintar dengan kecanggihan aplikasi google maps yang bisa menunjukan kami arah ke lokasi kedai kopi tersebut. Buat temen-temen yang ingin ke Pour Over Coffee Jogja silakan bisa cari langsung di google maps.

pour over coffee jogja
suasana santai kedai Pour Over Coffee Jogja

Sebelumnya kami belum pernah mendengar nama ini, hanya saja kebetulan kami baru saja jalan-jalan ke Frog House YK, bermalam di sana dan saat pulang kami iseng buka maps dengan mencari kedai kopi terdekat, nah muncul Pour Over Coffee yang akhirnya tanpa banyak pertimbangan kami bertiga bergegas, oh iya kami bertiga ada kak Danu (pemilik kedai kopi Sabin), kemudian ada kak Ganjar (pemilik baramedia network) kemudian saya (perwakilan dari kedhanakedhinicoffee.com). 

Pour Over Sajikan Kopi Nusantara

Di Pour Over Coffee Jogja ini, kami ditawarkan beberapa kopi dari Nusantara, ada kopi Gayo, Kopi Kalosi, Kopi Flores, Kopi Cibunar dan lain sebagainya. Pokoknya kalian akan dibingungkan dengan berbagai macam kopi yang nantinya akan dinikmati ketika berkunjung ke Pour Over Coffee. Nah kebetulan kami bertiga memesan arabika Cibunar, arabika Gayo dan arabika Kalosi untuk kami nikmati sore itu, sekitar pukul 15:00 wib.

Pour Over Coffee ini belum terlalu lama, ternyata mereka baru berdiri sekitar 2 tahun lalu, masih cukup dini namun tidak bisa diremehkan soal rasa dan penyajiannya.

Ngopi sambil ngobrol seni

pour over coffee
menyeduh sembari bercerita soal seni
v60 coffee
arabika Kalosi

Jogja tak lepas dari yang namanya kesenian dan budaya, di kedai kopi Pour Over Jogja ini pun demikian, tempat asik dengan beberapa instalasi seni seperti lukisan, dream catcher, hingga beberapa katalog / buku seni ada di sini. Oh iya kebetulan saat itu ada Ibu pemilik akun instagram @sasta_canira, Sasta Kirana Putri. Beliau menyeduh dengan metode pour over sama seperti nama kedai miliknya dengan penuh yakin dan sesekali sembari ngobrol bersama kami soal seni. Tiga kali menyeduh tak hanya diam, tiap menyeduh kami melihat tetesan kopi turun sembari mendengarkan dan ngobrol soal tari, beliau menceritakan pengalamannya menari hingga ke luar negeri, bercerita bagaimana kegemarannya dengan tari dan juga dengan dunia desain. Hingga setelah ketiga kopi tersaji, beliau mengambil sebuah cetakan sablon yang dibuatnya dengan kertas bekas bungkus rokok. 

pour over coffee jogja
cetakan batik buatan sendiri, dari limbah kertas bungkus rokok
batik cetak jogja
hasil dari cetakan batik, gambar dari IG @sasta_canira

Beberapa jam kami habiskan untuk ngobrol soal dunia seni, mulai dari seni lukis, tari, gambar bahkan sesekali soal seni musik, sambil nyletuk “tau lagu ini?”. Kurang lebih 2 jam kami habiskan untuk ngobrol sambil menghabiskan kopi yang sudah mulai dingin tapi tetap saja masih nikmat untuk membasahi mulut kami. Kami begitu suka dengan obrolan asik dan membuka wawasan bagi kami, tak lain tak bukan ya bermula dari kopi dan tentunya penikmat kopi itu sendiri. Terima kasih Tuhan, telah Engkau ciptakan kopi dengan segala keajaibannya. Cukup sekian tulisan dari kedhanakedhinicoffee.com tentang Pour Over Coffee Jogja, sampai ketemu di cerita seru berikutnya, terima kasih untuk kalian yang sudah meluangkan waktu membaca hingga selesai.

One thought to “Pour Over Coffee Jogja”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *