KEDHANAKEDHINICOFFEE.COM – Kopi yang selama ini kita nikmati, adalah hasil dari tangan-tangan hebat, mulai dari petani, pemroses, penggoreng, hingga penyeduh. Kali ini ngomongin soal penggorengan atau pemanggangan yang istilah bule’nya adalah roasting. Sejatinya nenek moyang kita sudah mengenal kopi dan sudah melakukan beberapa proses pengolahan kopi yang dilakukan secara manual karena zaman dahulu masih belum ditemukan tekhnologi-tekhnologi yang mumpuni untuk meringankan pekerjaan manusia. Begitupun proses menggoreng kopi, masih manual menggunakan tungku, api, tempat memanggang seperti wajan, dan tenaga manusia hingga olah rasa untuk mendapatkan hasil roasting yang sesuai dengan karakter di pemanggang.

Ngomongin soal roasting kopi di Banjarnegara, masih cukup sedikit yang melakukan panggang memanggang si biji kopi. Beberapa yang kami tahu ya ada tiga tempat yang sudah sering mengeksekusi dan membuka jasa panggang / roasting, diantaranya yaitu :
Kopi Resmi ( Mas Galih )
Dulu tempatnya di daerah Gayam, nama kedai kopinya “Warung Joglo” yang kini sudah pindah ke daerah Seruling Mas, dekat Gedung Balai Budaya Banjarnegara dengan nama “Serabine.co”. Kedai kopi, serabi dan juga jasa roasting dan jual roasted bean kopi juga kadang-kadang. Tidak diragukan lagi, kopi Arabika Kalibening, Banjarnegara yang beliau bawa ke Festival Kopi Nasional di Bondowoso meraih peringkat pertama dari 64 kopi arabika se-Nusantara. Untuk lebih lengkap info tentang Kopi Resmi silakan contact dan ikuti instagram @kopiresmi . 

Baca juga : Kopi Arabika Kalibening Banjarnegara Juarai Festival Kopi Nusantara di Bondowoso

sumber gambar : instagram @kopiresmi
Queen Coffee ( Pak Tri )
Letaknya di dekat kantor PLN Banjarnegara, sebuah kedai kopi dan juga rumah sangrai ini sering tutup, butuh keberuntungan untuk bisa ngopi dan ngobrol dengan beliau Pak Tri yang gak mau main-main perkara kopi. Untuk soal roasting, tidak lagi diragukan, beliau detail dengan senjata ilmu-ilmu dan pengalaman yang beliau peroleh di beberapa kelas pun juga sertifikasi baik itu sebagai barista, roastery maupun cupping. Untuk lebih lengkap info tentang Queen Coffee silakan contact dan ikuti instagram @queencoffeebanjarnegara .
sumber gambar : instagram @queencoffeebanjarnegara
Woyoo Coffee ( Pak Koeswoyo )
Lokasinya di rumahnya, di daerah gumiwang, Kec. Purwanegara, Banjarnegara, tergolong baru,  beliau baru beli alat roasting sekitar bulan Agustus 2017 lalu. Beliau aktif di kegiatan-kegiatan UMKM di Banjarnegara dan di luar kota, sering juga mengikuti pelatihan-pelatihan tentang UMKM dan kopi tentunya. Untuk lebih lengkap info tentang Woyoo Coffee silakan contact dan ikuti instagram @woyoo_coffee .
sumber gambar : instagram @woyoo_coffee
Buat temen-temen yang belum pernah liat mesin sangrai / mesin panggang / mesin goreng / mesin roasting kopi, mungkin 3 gambar di atas bisa memberi gambaran dan menjawab rasa penasaran temen-temen. Yang penasaran bagaimana proses penggorengan / proses sangrai / proses roasting kopi, ingin bertanya seputar prosesnya,  silakan coba datang ke salah satu dari tiga pelaku di atas, tanpa harus bawa biji kopi bakal dijawab dengan ramah kok, tenang saja, ketiganya ramah dan asyik semua, syukur-syukur bawa biji kopi mentah ( green bean ) biar sekalian bisa merasakan hasil dari roastingannya. 
Kemarin kedhanakedhinicoffee.com sempat bertanya kepada salah satu kawan, namanya kak Ayundita, tentang bagaimana kesan dia untuk pertama kali lihat proses roasting. “Kesan saya, setelah melihat proses roasting. Nice. Ternyata keren. Mulai dari green bean, sampai sudah menjadi roasted bean ternyata harus melalui proses demi proses. Agar secangkir kopi yang dihasilkan luar biasa” ungkap Ayundita pemilik akun instagram @ayunditadyah .
Semoga tulisan sederhana kami bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang punya biji kopi namun bingung mau goreng dimana, ketiga tempat roasting di atas bisa kalian contact dan langsung saja tanpa ragu untuk roasting kopi kalian di sana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *